Thursday, January 24, 2013

Analisis Biaya Usaha Warnet

Posted by Unknown at 7:32 PM
Biaya bisa diartikan dengan semua pengorbanan yang perlu dilakukan untuk suatu proses produksi, yang dinyatakan dengan satuan uang menurut harga pasar yang berlaku, baik yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi. AnalIsis biaya penting dilakukan untuk mencatat biaya yang keluar dalam periode waktu. Pada usaha warnet dan game center ada berbagai jenis biaya yang terjadi, mulai dari biaya listrik hingga biaya gaji operator.

BIAYA LISTRIK
Biaya listrik untuk usaha warnet dan game center ditentukan oleh kebutuhan listrik perangkat elektronik di dalam tempat usaha. Untuk menghitung seberapa kebutuhan daya listrik, Anda dapat menghitung sesuai dengan perangkat kelistrikan yang digunakan. Untuk lebih jelas, Anda dapat mengikuti paparan berikut.

Daya listrik untuk 22 perangkat komputer yang Anda gunakan jika dijumlahkan akan membutuhkan ada listrik sebesar 4400 watt. Sedang­kan untuk monitor CRT sekitar 2000 watt, untuk monitor LCD daya listrik yang dibutuhkan lebih kecil dari nilai tersebut. Selanjutnya untuk pendingin udara dan perangkat kelistrikan lainnya sekitar 100 watt.

Dari perhitungan di atas diketahui bahwa total penggunaan daya listrik untuk warnet dan game center disarankan adalah sebesar 6600 watt. Biaya listrik untuk daya sebesar itu berada pada kisaran Rp.900.000,00 s/d Rp.1.500.000,00 per bulan.

BIAYA GAJI
Besar-kecilnya biaya gaji untuk karyawan dapat Anda tentukan sendiri, demikian pula jumlah operator yang Anda pekerjakan. Biasanya seorang operator warnet bekerja selama 8 jam, dengan biaya gaji rata-rata sebesar Rp.700.000,00. Yang perlu diperhatikan adalah besarnya gaji operator tidak lebih rendah dari UMR di kota Anda.

Misalnya, Anda menggunakan 3 operator untuk 3 shift, maka total pengeluaran biaya gaji yang dibutuhkan dalam 1 bulan adalah sebesar Rp.2.100.000,00. Nilai tersebut bisa juga meningkat ketika ada event- event khusus. Misalnya pada saat hari raya dan akhir tahun.

Untuk meningkatkan citra Anda di mata karyawan, Anda dapat menetapkan sistem bonus bagi karyawan dengan kinerja yang baik. Penetapan bonus bagi karyawan akan meningkatkan kinerja karyawan untuk bekerja secara optimal.

Untuk pemilihan karyawan atau operator ada baiknya Anda mencari operator yang sedikit banyak mengerti tentang troubleshooting komputer. Selanjutnya, karyawan yang memiliki kemampuan networking dan penguasaan berbagai macam sistem operasi. Hal ini akan berguna jika terjadi kerusakan terhadap komputer di tempat usaha Anda.

BIAYA ISP
Tagihan ISP adalah biaya tetap yang harus dibayar setiap bulannya. Untuk akses broadband lebih murah dibanding dengan akses Internet dedicated. Untuk usaha warnet dan game center sendiri, biaya ISP untuk warnet berkisar kurang lebih 1.000.000 untuk setiap butannya. Sedangkan untuk game center biaya ISP berkisar Rp.2.000.000,00.

BIAYA LAIN-LAIN
Selain biaya-biaya di atas, ada biaya tambahan yang menjadi kewajiban Anda untuk membayarnya. Biaya tersebut misalnya biaya kebersihan, biaya air, atau mungkin juga biaya keamanan. Selain itu, ada biaya variabel yang mungkin saja terjadi, misalnya biaya yang Anda keluarkan untuk promosi warnet.

Promosi penting artinya bagi usaha Anda, terlebih bagi usaha yang baru dibuka. Oleh karena itu dibutuhkan adanya biaya promosi yang mungkin tidak sedikit. Besar-kecilnya biaya promosi tergantung pada media promosi yang Anda gunakan.

Selanjutnya, biaya amortisasi atau disebut juga biaya penyusutan, yaitu biaya tetap yang dikenakan tiap bulan karena pengurangan nilai ekonomis barang investasi. Biaya amortisasi bisa Anda dapatkan dengan cara membagi jumtah total biaya yang masuk dalam investasi dibagi dengan nilai investasi. Jika hasilnya terlalu besar dan dimungkinkan Anda tidak dapat menutup biaya amortisasi, maka Anda dapat menguranginya. Atau jika kemampuan pendapatan mampu menutup biaya amortisasi lebih besar, maka Anda dapat menambahkannya.

TOTAL BIAYA
Setelah jenis biaya-biaya dicari nilai estimasinya, Anda dapat melihat tabel biaya berikut untuk melihat estimasi total biaya.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © 2011 Peluang Usaha | Design by Kenga Ads-template