Wednesday, January 2, 2013

CRT VS LCD

Posted by Unknown at 5:26 PM
Pemilihan monitor antara monitor CRT atau biasa disebut monitor tabung dengan monitor dengan layar LCD menjadi sangat penting karena perbedaan harga antara kedua monitor tersebut terpaut jauh. Di sisi lain penggunaan daya listrik nantinya akan memengaruhi pendapatan usaha Anda.

Mana yang lebih baik, CRT atau LCD? Saat ini banyak produsen monitor yang sudah tidak memproduksi monitor tipe CRT, terbukti bahwa kenyataan di lapangan kebanyakan paket komputer yang dijual selalu menyertakan LCD sebagai monitornya. Yang menjadi pertanyaan adalah untuk usaha warnet dan game center di antara kedua jenis monitor tersebut, mana yang lebih cocok. Di sini akan dijelaskan perban­dingannya.
 
 KEUNGGULAN CRT

Color Rendering, monitor CRT memiliki tingkat kontras dan ketajaman warna yang jauh di atas dibanding LCD. Memang saat ini banyak peningkatan kualitas LCD yang semakin hari semakin meningkat ketajaman warna serta tingkat kontrasnya, namun CRT masih menang dalam hal ini.

MultySync, yaitu teknologi yang memungkinkan monitor CRT untuk mengubah resolusi lebih mudah. Dengan mengatur sinar elektron di dalam tabung, layar bisa secara mudah diturunkan resolusinya tanpa merusak gambar.

Harga murah, harga yang ditawarkan untuk monitor CRT jauh lebih murah.


KELEMAHAN CRT

Ukuran, dengan bentuk yang relatif besar dan berat yang jauh lebih besar dibanding LCD menjadikan CRT tidak fleksibel. Bahkan perbandingan berat dan ukuran antara LCD dan CRT bisa mencapai 80%.

Konsumsi Listrik Besar, tingkat konsumsi listrik monitor CRT yang besar. Energi listrik tersebut dibutuhkan sinar elektron di dalam tube.

Panas, tingkat panas monitor CRT lebih tinggi dibanding LCD dikarenakan penggunaan energi listrik untuk sinar elektron akan menimbulkan panas. Panas tersebut pastinya akan memiliki efek pada udara sekitar monitor.


KEUNGGULAN LCD

Kecil dan Ringan, seperti yang dijelaskan sebelumnya, ukuran dan berat LCD bisa lebih kecil atau ringan sampai 80% dibanding CRT dan ini memungkinkan Anda menggunakan layar besar tanpa kesulitan.

Aman untuk Mata, selain itu LCD juga lebih aman untuk mata jika dibanding CRT yang menggunakan tabung cahaya. Tabung cahaya dapat menyebabkan ketegangan dan kelelahan pada mata pengguna.


KELEMAHAN LCD

Statistik resolusi kurang, LCD memiliki kelemahan yaitu memiliki statik resolusi. Tampilan LCD hanya bisa menampilkan jumlah pixel sesuai dengan kemampuannya tidak bisa lebih dan kurang.

Respons Video, Video menjadi salah satu problem utama dalam LCD yaitu memiliki respons lebih lambat dibanding CRT. Walau­pun sudah banyak pengembangan teknologi LCD, terkadang beberapa produk masih mengalami masalah yang sama. Tentu saja pembeli harus berhati-hati dalam memilih produk monitor LCD.

Kesimpulannya, mempertimbangkan ukuran dan tingkat konsumsi daya listrik monitor LCD menjadi pilihan utama. Saat ini listrik memiliki peranan penting dalam pemilihan monitor LCD. Walaupun harga LCD jauh lebih mahal dibanding CRT, pada pemakaian jangka panjang dapat membuat CRT bisa lebih mahal karena penggunaan listrik Anda tentu lebih banyak.

Jika direfleksikan jauh ke depan, ada dua pilihan yaitu investasi untuk membeti monitor LCD atau investasi untuk biaya listrik yang mahal ke PLN.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © 2011 Peluang Usaha | Design by Kenga Ads-template