Thursday, January 3, 2013

Media Transmisi Jaringan Komputer

Posted by Unknown at 5:48 PM
Sesuai dengan konsep dasar bisnis warnet dan game center, yaitu penyedia jasa persewaan perangkat komputer yang terkoneksi dengan internet maka dalam bisnis warnet dan game center dibutuhkan adanya instalasi jaringan komputer. Jaringan komputer yang biasa digunakan, yaitu jaringan lokal atau Local Area Network.

Pada kebanyakan usaha warnet dan game center jaringan komputer yang digunakan adalah jaringan komputer dengan media transmisi kabel. Penggunaan media transmisi menjadi pilihan utama karena selain lebih ekonomis, penggunaan kabel juga lebih efektif dibandingkan menggunakan jaringan wireless.

MEDIA TRANSMISI
Media transmisi adaah perangkat keras yang digunakan untuk mengirimkan data pada jaringan. Data itu sendiri ditransmisikan dalam bentuk yang berbeda-beda sesuai dengan media transmisinya. Untuk media transmisi kabel, data akan diubah menjadi daya listrik. Pada media transmisi tanpa kabel, data diubah menjadi gelombang. Sedangkan untuk fiber optik, meski tergolong media transmisi berbentuk kabel, data ditransmisikan dalam bentuk cahaya sehingga kecepatannya sangat tinggi.

Karena pada warnet dan game center menggunakan media transmisi kabel, pada pembahasan kali ini akan diuraikan media transmisi dengan media kabel.

Kabel UTP
Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah kabel yang digunakan untuk jaringan komputer. Kabel UTP terdiri dan 8 kabel utama dengan warna‑warna yang berbeda. Kedelapan kabel tersebut dipilih untuk mengurangi terjadinya noise, crosstalk, dan induksi.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © 2011 Peluang Usaha | Design by Kenga Ads-template