Saturday, January 5, 2013

Perangkat Pendukung Warnet dan Game Center

Posted by Unknown at 5:00 PM
Layanan utama bisnis warnet dan game center adalah akses Internet, namun selain dari layanan tersebut ada layanan penunjang yang sangat membantu pendapatan. Terkadang layanan penunjang tersebut memberikan pendapatan yang lumayan untuk menutup pengeluaran bulanan. Layanan penunjang tersebut antara lain pencetakan dokumen, scanning foto atau dokumen dan burning data ke CD. Untuk mendukung layanan tersebut, ada perangkat yang harus disediakan.

PRINTER
Adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar atau grafik di atas kertas. Untuk usaha warnet dan game center, printer dapat digunakan juga sebagai alat cetak struk pembayaran.

Ada baiknya Anda menggunakan printer yang memiliki kemampuan untuk mencetak foto. Jadi, Anda juga harus menyiapkan kertas cetak biasa untuk mencetak dokumen dan kertas khusus untuk mencetak foto. Anda dapat menyiapkan tarif yang dikenakan kepada pelanggan untuk jasa cetak dokumen dan foto. 

Yang patut dicatat adatah pengetikan dan pencetakan adalah salah satu usaha tambahan yang berpeluang besar untuk menghasilkan pendapatan. Karena selain menyimpan data pada media simpan, terkadang pelanggan menginginkan datanya langsung dicetak. Misalnya, formulir pendaftaran online dan hasil test online.
SCANNER
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin foto kopi. Mesin foto kopi hasilnya dapat langsung Anda lihat pada kertas, sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen, dan gambar. 

Scanner digunakan untuk scanning foto pelanggan yang nantinya bisa diedit dengan tujuan akhir biasanya untuk di-upload pada berbagai website. Khususnya untuk dipasang di berbagai website jejaring sosial, misalnya facebook ataupun friendster.
CD BURNING
CD/DVD-ROM merupakan salah satu perangkat yang wajib ada pada warnet dan game center terlebih untuk warnet. Perangkat ini penting adanya walaupun tetah banyak media penyimpanan yang lebih praktis. Gunakan perangkat yang mampu membakar CD-R, CD-RW, DVD-R, dan DVD Double Density (kapasitas 8GB).
PERANGKAT PENDUKUNG LAINNYA
Selain perangkat yang telah dijelaskan di atas, ada perangkat pendukung lainnya. Perangkat pendukung tersebut antara lain sound system, headset, dan webcam. Untuk sound system sendiri biasanya ditempatkan pada meja operator, sedangkan untuk meja client hanya perangkat headset yang disertakan. Layanan webcam diberikan kepada pelanggan namun penggunaannya memegang prinsip "service on demand". Jadi, webcam digunakan pada saat pelanggan meminta Layanan tersebut.
Card Reader juga dapat Anda sediakan bagi pelanggan yang menggunakan fasilitas SD Card sebagai media simpan. SD card sekarang menjadi media simpan yang banyak digunakan. Bentuk fisiknya yang simpel dan dapat disertakan pada telepon seluler menjadi alasan mengapa SD Card menjadi salah satu pilihan media simpan yang banyak digunakan.
UPS bisa Anda gunakan pada perangkat komputer billing. UPS tersebut digunakan untuk menyimpan daya listrik dan menyalurkan saat listrik padam. Ketika listrik padam, komputer billing masih memiliki cukup waktu untuk mencatat tagihan yang berjalan.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © 2011 Peluang Usaha | Design by Kenga Ads-template