Sunday, January 6, 2013

Sistem Operasi Warnet dan Game Center

Posted by Unknown at 5:46 PM
Pada warnet dan game center, ada beberapa software yang digunakan untuk mendukung jalannya usaha. Software tersebut dapat dipisahkan menjadi beberapa kategori. Antara lain sistem operasi, software Internet, software perkantoran, multimedia, software keamanan, game, dan software pencatat (billing).

SISTEM OPERASI

Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi‑operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Sistem operasi utama yang digunakan komputer umum terbagi menjadi 3 kelompok besar:

Keluarga Microsoft Windows, antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8 yang baru saja diliris. Sistem operasi Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Namun sistem ini rentan terhadap berbagai serangan virus.
Keluarga Unix, menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 diluncurkan versi 10.5 (Leopard).

Sistem Operasi Untuk Warnet

Penggunaan sistem operasi pada warnet lebih fleksibel dibandingkan game center. Pada warnet sistem operasi yang digunakan memiliki dua pilihan utama, yakni antara Windows dan Linux. Untuk penggunaan Mac OS tidak efisien untuk diterapkan karena tidak ekonomis.

Ada berbagai alasan untuk memilih sistem operasi yang digunakan pada warnet. Masing-masing sistem operasi memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri dan bisa dikatakan kedua sistem operasi tersebut saling menutupi. Keunggulan dan kelemahan masing-masing sistem operasi akan dijelaskan pada bahasan berikut:

Windows

Keunggulan Windows:
    • User Friendly, atau mudah digunakan karena sangat populer dan dikenal banyak orang. 
    • Kemampuan untuk menjalankan berbagai macam file atau software yang didownload lewat Internet.

    Kelemahan Windows
      • Secara financial, Windows sangat tidak disarankan. Sistem operasi komersial satu ini menetapkan harga yang tinggi. Harga yang ditetapkan untuk satu lisensi XP Home sekitar $80 (EOM). 
      • Rentan dan serangan virus dan spyware, dan bukan masalah yang mudah untuk membersihkan komputer dari berbagai macam virus.
      • Tingkat stabilitas sistem operasi yang rendah, hal ini ditunjukkan dengan kerusakan sistem jika ada hardware yang kurang fit kinerjanya.

      Linux

      Keunggulan Linux
        • Sistem operasi yang gratis dan dapat digunakan secara bebas oleh penggunanya. 
        • Penggunaan Linux bisa memperkecil biaya investasi. 
        • Relatif aman dari serangan berbagai macam virus dan spyware.
        • Sistem operasi yang stabil dan merniliki kinerja yang memuaskan.

        Kelemahan Linux
        Sistem operasi yang tidak familiar, apalagi bagi pengguna komputer awam yang pastinya akan menyulitkan pengoperasiannya. Pada beberapa kasus, sistem operasi Linux tidak dapat menjalankan software yang di download lewat internet.

        Sistem Operasi untuk Game Center

        Penggunaan sistem operasi untuk game center mutlak dikuasai oleh keluarga Windows. Hal tersebut terjadi karena game-game yang dimainkan berjalan pada platform Windows OS. Sedangkan game yang berjalan pada platform Linux OS tidak terlalu digemari gamers.

        0 comments:

        Post a Comment

         

        Copyright © 2011 Peluang Usaha | Design by Kenga Ads-template