Tuesday, January 15, 2013

Desain Jaringan Warnet - Topologi Star

Posted by Unknown at 4:36 PM
Topologi yang paling sering digunakan pada saat ini, yaitu dengan menggunakan alat lain seperti hub, switch, dan lain sebagainya untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya.

Keuntungan yang didapat dari penggunaan topologi star adalah:

Performa

Paket data yang tidak perlu melewati titik-titik yang tidak diperlukan. Komunikasi antara perangkat komputer hanya memerlukan 3 perangkat dan 2 link. Trafik yang terisolasi dari simpul yang tidak diperlukan akan membuat titik yang tidak dipergunakan tidak akan ikut bekerja.

lsolasi

Tiap peranti terisolasi di link dia sendiri. Jadi, jika ingin mencopot sebuah node di jaringan, caranya sangat mudah. Anda tinggal mencopot colokan link dari peranti tersebut ke hub.

Sentralisasi

Jaringan bisa dengan mudah dikembangkan dan ditingkatkan jumlahnya dengan hanya menambah kapasitas dari simpul hub. Atau dengan menambahkan peranti lain ke topologi star. Karena semua lalu lintas data akan melalui hub, maka hub bisa digunakan dengan mudah untuk inspeksi atau mengontrol trafik melalui jaringan.

Sederhana

Topologi star mudah dimengerti, gampang dibuat dan dinavigasi. Administrator tidak perlu bingung dengan routing yang kompleks. Simpul-simpul individual mudah ditambahkan atau dihilangkan. Troubleshooting juga lebih mudah mengingat pendeteksian kesalahan sangat sederhana dan tiap simpul bisa diinvestigasi secara individu.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © 2011 Peluang Usaha | Design by Kenga Ads-template