Thursday, January 17, 2013

Merakit Jaringan Komputer pada Warnet

Posted by Unknown at 4:58 PM
Setelah menentukan desain jaringan yang akan dipakai, langkah selanjutnya adalah merakit jaringan komputer. Sedangkan langkah pertama yang ditakukan dalam merakit jaringan komputer adalah merangkai kabel dengan perangkat hardware antar komputer.

TYPE KONFIGURASI WARNA KABUL UTP

Untuk tipe konfigurasi warna kabel, kabel UTP mempunyai dua standar baku, yakni tipe straight dan tipe cross. Tujuan penggunaannya sama, hanya berbeda pada orientasi penggunaannya.

Cross

Kabel cross digunakan untuk menghubungkan 2 komputer. secara langsung atau yang akan menghubungkan antar dua komputer saja tanpa bantuan hub atau switch. Untuk urutan warna tipe ini adalah 1-3, 2-6,3-1, 4-4, 5-5, 6-2, 7-7, 8-8.

Straight

Kabel straight digunakan untuk menghubungkan beberapa client dengan bantuan hub atau switch. Sedangkan kabel cross digunakan untuk menghubungkan 2 komputer secara langsung atau yang akan menghubungkan antar dua komputer saja tanpa bantuan hub atau switch.

Pada jaringan warnet dan game center, karena menggunakan bantuan switch sebagai alat bantu jaringan sehingga digunakan konfigurasi pengkabelan Straight. Urutan warna yang dibuat adalah antara dua ujung kabel yang akan dipasang konektor sama yaitu 1-1, 2-2, 3-3, 4-4, 5-5, 6-6, 7-7, 8-8.
Keterangan :
  1. Orange Putih     
  2. Orange
  3. Hijau Putih
  4. Biru
  5. Biru Putih
  6. Hijau
  7. Cokelat Putih
  8. Cokelat

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © 2011 Peluang Usaha | Design by Kenga Ads-template